Jenis timah pancing dan kegunaannya

Cara memilih berat timah yang tepat untuk memancing – Salah satu bagian dari memancing yang penting adalah timah. Timah / timbel / sinker. Untuk memancing ikan menggunakan timah, kita harus memperhatikan berat dari timah itu. Karena setiap berat timah memiliki kegunaan tersendiri. Semakin berat timah, semakin mahal juga harga timah itu. Alangkah baiknya kita bisa membuat timah sendiri dari barang bekas, seperti aki, atau bekas sporing velg mobil.

Gambar dan model timah pancing beserta beratnya

Gambar dan model timah pancing beserta beratnya

Timah digunakan sebagai pemberat, agar umpan bisa tenggelam dalam air. Bentuk timah sangat beragam, antara lain: timah anting, melinjo, lonceng, peluru, teratai, kerucut, jantung, dll, dengan berat berkisar antara 0.5 gr – 300gr.

Jenis timah pancing dan penggunaannya

Pada umumnya timah dibagi menjadi tiga jenis:

  • Timah berat, umumnya digunakan untuk mancing di laut atau sungai yang berarus kencang.
  • Timah pasir, umumnya digunakan untuk memancing di empang/ kolam.
  • Timah daun, umumnya digunakan untuk memancing di empang/ kolam, dan untuk penggunaannya umumnya di robek atau digunting selebar yang kita inginkan, lalu sobekan timah tersebut dilipat dan dipasangkan pada tali senar.

Contoh-contoh timah dan penggunaannya

Timah ranggung, umumnya digunakan untuk mancing kontrekan, caranya dengan mengisi rongga timah dengan umpan dan setelah timah mencapai dasar, timah tersebut di ayun naik turun, sehingga umpan di dalam timah akan keluar dan menyebar.

Timah kawat, kerucut, piramid, teratai dan jantung, umumnya digunakan untuk memancing dengan teknik jigging. Sedangkan untuk casting umumnya menggunakan timah melinjo dan timah anting. Untuk pemancingan di kolam umumnya memakai timah pasir, daun, dan galatama.

Pemasangan timah

Pemasangan timah langsung diatas hook/mata kail dan swivel, terkadang menyebabakan timah tersebut masuk atau tergelincir kedalam kepala hook dan kepala swivel, untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya menggunakan plastik bead diantara timah dan mata kail, atau timah dan swivel sebagai penahannya.

Copyright : Dengan alasan hak cipta atas artikel dengan judul Jenis timah pancing dan kegunaannya yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. Dan oleh sebab itu, go-fishing.net hanya menampilkan sebagian isi dari Jenis timah pancing dan kegunaannya. Selain itu, go-fishing.net juga menyediakan layanan pencarian artikel memancing, harga joran, mancing galatama, umpan casting, sof lure, meracik umpan, jenis pelet.

Artikel dengan judul "Jenis timah pancing dan kegunaannya" ini kami ambil dari beberapa blog dan forum memancing terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Jenis timah pancing dan kegunaannya secara lengkap, anda dapat mencari beberapa informasi memancing pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Jenis timah pancing dan kegunaannya yang lengkap, mudah dan murah